Mengatasi Error 404 Pada Wordpress

 Wordpress merupakan salah satu CMS yang sangat powerfull. Banyak sekali dari website yang sudah menggunakan CMS terkenal ini. Hal tersebut tidak lepas dari banyaknya support dan juga pengguna yang sudah menggunakan CMS ini. Tetapi banyak sekali dari pemula ataupun pengguna Wordpress yang menemukan permasalahan ketika menggunakan CMS ini.

Salah satu persoalannya adalah 404 error, pada kesempatan ini saya akan membahas salah satu cara untuk meperbaiki Wordpress error dengan cepat dan mudah.

Panduan Mengatasi Error 404 Pada Wordpress

Cara yang paling mudah yang pertama adalah dengan mengubah permalink. Permalink merupakan struktur umum yang digunakan pada wordpress. Silahkan mencoba untuk mengembalikan struktur bawaan, setelah itu bisa mencoba untuk mengganti dan membuat permalink.

Pengaturan permalink Wordpress

Jika teman-teman menggunakan Cache plugin pada wordpress, pastikan juga untuk mengclear cache, agar page tersebut teroload kembali.

Setelah langkah tersebut maka silahkan untuk reload halaman pada website anda, jika masih mengalami masalah juga bisa dengan memperbaiki .htaccess file. File ini biasanya ada pada direktori teratas pada Cpanel. Pastikan untuk file tersebut berada pada permission 666.

Modifikasi .htaccess untuk memperbaiki 404

Selanjut setelah teman-teman masuk kedalam diorektori dari halaman hosting bisa merubah .htacess file ke default bawan. Saran saya sebelum melangkah lebih jauh pastikan untuk membackup file .htacess tersebut lalu berikan kode berikut ke dalam htaccess asli:

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>
# END WordPress

Mengatasi Error 404 Pada Local Server WAMP, XAMP, MAMP

Pada umumnya banyak juga yang mencoba instalasi wordpress pada lokal server, oleh karena itu bagi kalian yang sedengan mengalami masalah pada lokal server dapat dengan mengenable rewrite module pada konfigurasi Apache.

Demikian artikel kali ini, semoga pada artikel ini dapat membantu teman-teman yang sedang mengalami masalah tersebut. 

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Terkini