Digital Marketing Adalah? Ini Dia Jawaban Yang Kamu Cari!



Mencari jawaban tentang digital marketing, maka Anda berada pada halaman yang tepat. Digital marketing memiliki arti yang sangat luas tetapi kami akan membahas secara lengkap poin-poinnya apa saja.

Digital marketing adalah suatu metode memasarkan produk ataupun jasa menggunakan sistem digital untuk menjakau konsumen sesuai dengan target pasar yang dituju. 

Walaupun secara singkat pengertian digital marketing sangat lebar, tetapi ada beberapa kategori-kategori terkait yang bersesuain dengan digtal marketing diantaranya adalah sebagai berikut.

Strategi Digital Marketing Yang Umum Digunakan

Banyak strategi marketing online yang digunakan oleh perusahaan tetapi umumnya tidak jauh jauh dari poin berikut beberapa diantaranya adalah:
  1. Search Engine Optimization (SEO)
  2. Konten Marketing
  3. Social Media Marketing
  4. Pay Per Click (PPC)
  5. Affiliate Marketing
  6. Native Advertising
  7. Marketing Automation
  8. Email Marketing
  9. Online PR
  10. Inbound Marketing
  11. Sponsored Content
Selanjutnya kita akan kupas satu-satu semua startegi yang sering digunakan dalam digital marketing tersebut diatas.

1# Optimasi Search Engine Optimization (SEO)

Ini merupakan metode pertama yang sering digunakan, cara SEO merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk tampil pada halaman pencarian mesin pencari seperti Google untuk tampil pada halaman pertama. 

SEO sendiri secara umum terbagi dalam dua tahapan yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Untuk selengkapkan mengenai SEO silahkan dibaca artikel berikut.

2# Strategi Konten Marketing

Strategi ini merupakan salah satu strategi yang digunakan oeh pemasar digital dengan menghasilkan konten yang bertujuan untuk memberikan pengenalan merek, menghasilkan trafik yang bersesuai dengan merek. Beberapa strategi konten yang umum digunakan seperti posting blog, menghasilkan ebook serta infografis yang terkait dengan merek.

3# Social Media Marketing

Social media marketing merupakan cara untuk mempromosikan merek dengan menggunakan social media sebagai salah satu alatnya untuk memberikan brand awareness menghasilkan website trafik dan juga menghasilkan leads yang bermanfaat untuk bisnismu. Beberapa aplikasi social media yang umum digunakan pasa pemasaran menggunakan media sosial adalah sebagai berikut:

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Snapchat
Masih banyak lagi platform media sosial yang digunakan, tetapi masing masing media sosial menggunakan metode-metode sendiri untuk menghasilkan keuntungan bagi bisnismu.

4# Pay Per Click

Pay per click atau yang lebih sering digunakan singkatannya PPC dalam bahasa digital marketing, terfokus pada periklanan digital dengan mempromosikan iklan pada website. PPC paling umum yang sering digunakan saat ini adalah Google Ads.

Umumnya dalam menghasilkan iklan pada Google Ads pengiklan menyetorkan sejumlah dana, lalu memiliki kata kunci terkait dengan bisnis yang ingin diiklankannya. Selain Google Ads, ada beberapa platform yang sering digunakan untuk menghasilkan PPC seperti pada FB, Twitter Ads atau juga konten yang disponsori seperti pada Linkedin.

5# Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah jenis iklan berbasis kinerja di mana pekerja mendapatkan komisi untuk mempromosikan produk atau layanan yang diberikan oleh barang ataupun jasa yang ditawarkan oleh sebuah badan usaha ataupun perorangan. Saluran pemasaran afiliasi meliputi:
  • Hosting iklan video melalui Program Mitra YouTube
  • Posting tautan afiliasi dari akun media sosial Anda

6# Native Advertising

Nantive advertising merupakan salah satu cara dalam menampilkan iklan dengan menyediakan satu pilar konten, dimana iklan yang diberikan biasanya berada dalam konten tersebut. Konten yang dibuat memang sengaja berhubungan dengan iklan yang diberikan. Hal ini tentu saja untuk membuat hubungan antara konten dengan iklan terkait dalam menhasilkan conversion rate yang baik.

7# Marketing Automation

Marketing Automation adalah sistem pemasaran mengacu pada sistem komputerisasi yang mengotomisasi operasi pemasaran, hal ini tentu saja dilakukan berulang-ulang secara otomatis, dimana yang seharusnya dilakukan secara manual. Contoh marketing automation adalah sebagai berikut:
  • Email newsletter: yang umum adalah ketika bergabung ke suatu website dimana mendapatkan langganan Email newsletter yang umum pada tahap awal. Contoh marketing tools yang digunakan untuk email newsletter ini adalah Mail Chimp.
  • Otomisasi pos konten media sosial, ini merupakan salah satu contoh aplikasi digital marketing yang bisa digunakan untuk melakukan otomisasi pos konten. Dimana aplikasi ini memberikan kemampuan untuk posting konten media sosial, sehingga pengguna bisa terfokus pada pembuatan konten.
  • Pelacakan dan pelaporan iklan: iklan pemasaran dapat mencakup banyak pengguna, email, konten, halaman web, panggilan telepon, serta banyak lagi. Otomatisasi pemasaran dapat membantu Anda menyortir semua yang Anda kerjakan berdasarkan iklan yang Anda buat, dan kemudian melacak kinerja iklan tersebut berdasarkan kemajuan yang dicapai semua komponen ini dari waktu ke waktu.

8# Online PR

Online PR merupakan salah keadaan dimana melakukan upaya PR dengan melakukan publikasi digital, blog serta situs web berbasi konten. Ini tidak ubahnya seperti PR tradisional, tetapi menggunakan ruang online dalam menjalankan salurannya.

9# Inbound Marketing

Inbound marketing mengacu pada metodologi pemasaran yang Anda lakukan mulai dari  menarik, melibatkan, dan menyenangkan pelanggan dalam proses pembelian. Anda dapat menggunakan setiap taktik pemasaran digital yang tercantum di atas, sepanjang strategi inbound marketing.

10# Sponsored Content

Dengan sponsored content, Anda sebagai merek membayar perusahaan atau entitas lain untuk membuat dan mempromosikan konten yang membahas merek atau layanan Anda dengan cara tertentu. Salah satu contoh dari sponsored content yang paling terkenal adalah dengan menggunakan sponsor dari influencer.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama

Terkini